Selasa, 03 November 2009

HARD WARE




Di penghujung tahun 2006, masih cukup banyak terobosan teknologi di dunia PC. Yang paling hangat di bicarakan adalah kehadiran Quad-Core processor untuk PC. Sesuai dengan roadmap dari intel, kehadiran Quad-Core processor memang an hadir di penghujung tahun 2006. di lanjutkan dengan multi-Core (lebih dari 4) processor selanjutnya di masa yang akan datang tidak lagi untuk segmentasi extreme, multi-Core juga akan menambahkan ke segmentasi preforamce hingga mainstream di tahun yang akan datang.

Sebagai produk awalnya adalah intel Core 2 Extreme QX 6700 dan Core 2 Quad Q6600 Processor, yang di luncurkan pada awal November 2006 lalu. Berita ini mengenai perluncuran processor Quad-Core ini, sebetulnya sama sekali bukan sebuah kejutan yang baru lagi di kalangan enthusiast . Pada IDF (Intel Developer Forum) terakhirpun, keberadaan processor ini sudah di perkenalkan. Namun, peluncuran resmi memang baru di lakukan pada bulan November.

Pemicu Multi-Core

Untuk processor Dekstop ini, memang merupakan hal yang baru. Hanya kurun waktu sekitar 1 setengah tahun, semenjak intel memperkenalkan Dual-Core sampai di perkenalkan Quad-Core Processor. Ini bisa di jadikan salah satu petunjuk bahwa intel telah serius proses yang paralel.

Perlu di akui, fokus tren processor memang “ terpaksa” beralih ke paralel. Tidak hanya intel pesaingnya pun melakukan hal yang serupa. Di saat peningkatan kinerja sudah semakin sulit lagi untuk di dapatkan dari penigkatan frekuensi kerja ( Clock Processor). Di mana untuk melakukan hal tersebut sudah pasti di butuhkan peningkatan kebutuhan catu daya untuk PC. Dan hal tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan suhu kerja saat beroperasi. Ha tersebut sudah kurang memuaskan lagi untuk tren dan kebutuhan komputer terkini.

Semenjak processor Dual-Core di perkenalkan, memang sebuah awal tren pengembangan processor terbaru. Alih -alih meningkatkan Clock Processor, paralel Core processor dalam satu kemasan fisik Processor menjadi pilihannya. Meskipun semenjak Dual-Core di perkenalkan untuk processor desktop sampai sekarang, belum semua aplikasi dapat memaksimalkan kemampuan processor Dual-Core. Dengan split Thread ke masing -masing core, di mana pada kemampuan proses multithread inilah, processor Dual-Core lebih menunjuk kemampuan maksimal di bandingkan dengan single-Core. Namun setidaknya dengan peluncuran processor Quad-Core untuk dekstop PC, lebih menegaskan bahwa sudah saatnya tren paralel dengan multithread yang di kerjakan pada Multi-Core Processor.
Sumber : PC Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar