Selasa, 29 Desember 2009

JARINGAN-JARINGAN KOMPUTER

NAMA : BILLY YUNARTO
BP : 0901092036
KELAS : MI 1B


1.LAN(LOCAL AREA NETWORK)
Yaitu jaringan yang terbatas pada area kecil,seperti pada lingkungan perkantoran disebuah gedung.Dalam jaringan LAN erdapat satu komputer yang biasanya dijadikan file server.fungsinya adalah memberikan layanan perangkat lunak atau software,mengatur aktivitas jaringandan menyimpan file.Komputer lain yang terhubung dalam jaringan disebut workstasion(client),pada umumnya media kabel digunakan untuk menghubungkan komputeryang diinginkan.

2.MAN( METROPOLITAN AREA NETWORK)

Memiliki area jaringan lebih luas dibanding LAN.Jaringan ini menjangkau antar wilayah dalam satu propinsi.Jaringan MAN menghubugkan jaringan-jaringan kecil yang ada.
Contoh:Bank yang memiliki jaringan komputer disetiap cabangnya dapat terhubung satu sam lain yang memudahkan transaksi nasabah.

3.WIDE AREA NETWORK(WAN)

Jaringan ini mencakup geografis dengan luas area yang mampu menjangkau batas propinsi bahkan sampai negara.Jaringan WAN dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lain melalui satelit atau kabel bawah laut.

1.Topologi Jaringan Komputer

Topologi menggambarkan struktur dari suatu jaringan atau bagaimana sebuah jaringan didesain. Pola ini sangat erat kaitannya dengan metode access dan media pengiriman yang digunakan.
Kelebihan
• Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
• Tingkat keamanan termasuk tinggi.
• Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
• Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
Kekurangan
• Jika node tengah mengalami kerusakan, maka maka seluruh jaringan akan terhenti.
Penanganan
• Perlunya disiapkan node tengah cadangan.
2. Ring Networks (Jaringan Cincin)

Pada jaringan ini terdapat beberapa peralatan saling dihubungkan satu dengan lainnya dan pada akhirnya akan membentuk bagan seperti halnya sebuah cincin. Jaringan cincin tidak memiliki suatu titik yang bertindak sebagai pusat ataupun pengatur lalu lintas data, semua simpul mempunyai tingkatan yang sama. Data yang dikirim akan berjalan melewati beberapa simpul sehingga sampai pada simpul yang dituju. Dalam menyampaikan data, jaringan bisa bergerak dalam satu ataupun dua arah. Walaupun demikian, data yang ada tetap bergerak satu arah dalam satu saat. Pertama, pesan yang ada akan disampaikan dari titik ketitik lainnya dalam satu arah. Apabila ditemui kegagalan, misalnya terdapat kerusakan pada peralatan yang ada, maka data yang ada akan dikirim dengan cara kedua, yaitu pesan kemudian ditransmisikan dalam arah yang berlawanan, dan pada akhirnya bisa berakhir pada tempat yang dituju. Konfigurasi semacam ini relative lebih mahal apabila dibanding dengan konfigurasi jaringan bintang. Hal ini disebabkan, setiap simpul yang ada akan bertindak sebagai komputer yang akan mengatasi setiap aplikasi yang dihadapinya, serta harus mampu membagi sumber daya yang dimilikinya pada jaringan yang ada. Disamping itu, sistem ini lebih sesuai digunakan untuk sistem yang tidak terpusat (decentralized-system), dimana tidak diperlukan adanya suatu prioritas tertentu.
Kelebihan:
- hemat kabel
- tidak perlu penanganan bundel kabel khusus’
- dapat melayani lalu lintas data yang padat
Kelemahan:
- peka kesalahan
- pengembangan jaringan lebih kaku
- lambat
- kerusakan pada media pengirim/ terminal dapat melumpuhkan kerja seluruh jaringan
3Tree Network (Jaringan Pohon)

Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada node-7. Keungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan.

Adapun kelemahannya adalah:
apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat
4. Bus Network

Konfigurasi lainnya dikenal dengan istilah bus-network, yang cocok digunakan untuk daerah yang tidak terlalu luas. Setiap komputer (setiap simpul) akan dihubungkan dengan sebuah kabel komunikasi melalui sebuah interface. Setiap komputer dapat berkomunikasi langsung dengan komputer ataupun peralatan lainnya yang terdapat didalam network, dengan kata lain, semua simpul mempunyai kedudukan yang sama. Dalam hal ini, jaringan tidak tergantung kepada komputer yang ada dipusat, sehingga bila salah satu peralatan atau salah satu simpul mengalami kerusakan, sistem tetap dapat beroperasi. Setiap simpul yang ada memiliki address atau alam sendiri. Sehingga untuk meng-access data dari salah satu simpul, user atau pemakai cukup menyebutkan alamat dari simpul yang dimaksud. Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
KOMPONEN JARINGAN KOMPUTER
1. Network Interface Card (NIC)
merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah:

A.Ethernet card
Kartu jaringan ini memiliki port untuk koneksi kabel koaksial atau twisted pair.Konektor yang digunakan adalah BNC untuk kabel koaksial dan konektor RJ-45 untuk twisted pair.

B.Localtalk Connector
Kartu jaringan ini digunakan untuk computer machintosh.Kartu ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus untuk kabel yang terpasang ke port printer.Localtalk hanya dapat beroperasipada kecepatan 0,23 Mbps.

C.Token Ring Card
Kartu ini menggunakan port dengan tipe konektor 9 pin.Kartu ini hamper sama dengan kartu jaringan Ethernet.


2. Konsentrator/Hub
adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel
network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi
Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub.
Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju.
Ciri-ciri yang dimiliki Konsentrator adalah :
- Biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45
- Digunakan pada topologi Bintang/Star
- Biasanya di jual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur manjemen port tersebut.
- Biasanya disebut hub
- Biasanya di pasang pada rak khusus, yang didalamnya ada Bridges, router

3.Repeater
Berfungsi sebagai penguat sinyal dari kabel, Contoh yang paling mudah adalah pada sebuah LAN menggunakan topologi Bintang dengan menggunakan kabel unshielded twisted pair. Dimana diketahui
panjang maksimal untuk sebuah kabel unshileded twisted pair adalah 10 meter, maka untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut dipasanglah sebuah repeater pada jaringan tersebut.

4. Bridges / Jembatan
Adalah sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua
buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana
kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk
itu. Kebanyakan Bridges dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap
segmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga pada jaringan yang lain di
sebelahnya pula.Bridges juga dapat di gunakan untuk mengkoneksi diantara network yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.

5.konektor
Konektor yang digunakan dalam jaringan adalah konektor Rj-45 dengan kabel Twisted Pair dan konektor BNC dengan kabel koaksial.Konektor RJ-45 terdiri dari 8 pin.

6.kabel
Kabel berfungsi menghubungkan satu computer dengan yang lain.Kabel yang digunakan memiliki spesifikasi yang berbeda.Ada 2 jenis tipe kabel yaitu:

a.Twisted pair
Terdiri dari UTP(Unshielded Twistwed Pair),dan STP(Shielded twisted pair)

b.Thick Coaxial
terdiri dari thick coaxcial yang berdiameter 12 mm dan berwarna kuning,dan thin coaxcial berdiameter8 mm berwarna hitam


7.Router
Berfungsi untuk menghubungkan Jaringan LAN dengan internet dalam merutekan transmisi antar keduanya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar